10 Perangkat Teknologi yang Masuk Rekor Dunia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

loading...

JAKARTA - Perangkat teknologi nan tercatat dalam rekor bumi dianggap telah mencapai segala perihal mustahil. Sayangnya, tidak semua perangkat tadi memperkuat pada puncak kejayaannya.

Namun, cerita dan kebenaran panjang nan mengenai dengan perangkat tadi menarik untuk diulas. Lantaran teknologi nan dipakainya sekarang menjadi paling populer.

Tidak heran jika sebagian besar daftar rekor bumi tersebut berasal dari perusahaan besar seperti Nintendo, Apple, Google, NASA, MIT, dan nama besar lainnya. Melansir dari Slash Gear, Jumat (31/5/2024) berikut 10 perangkat teknologi nan masuk rekor dunia

1. Smartphone Terlaris

Rekor smartphone terlaris dan kamera beresolusi tertinggi dicapai oleh perangkat Apple alias Samsung. Teknologi kamera kedua pabrikan tadi bisa memandang lebih dari nan bisa dilihat mata melalui augmented reality (AR) maupun virtual reality (VR).

Baca Juga

Kacamata Pintar Huawei Terlihat Seperti Kacamata Biasa


2. Teknologi Kacamata Pintar Pertama

Jika ada satu perihal nan mungkin diingat semua orang dari 2012, ialah kehadiran Google Glass . Perangkat nan diperkenalkan pada April 2012, saat itu hanya tersedia bagi sekelompok mini orang untuk pengetesan pada bulan April 2013.Kecanggihannya terletak pada modul persegi mini di satu sisi nan terlihat nyaris persis seperti kacamata biasa. Aktivasinya melalui perintah bunyi dan sentuhan nan dilengkapi dengan kamera, speaker, mikrofon, dan port USB.

Fungsinya pun cukup canggih lantaran bisa memfoto, mengecek email, membalas pesan teks, dan melakukan nyaris semua perihal setara ponsel pandai melalui augmented reality.

Teknologi ini telah tercatat dalam sejarah sebagai teknologi pandai pertama berupa kacamata. Gagasan tentang kacamata nan berfaedah seperti ponsel pandai termasuk perihal revolusioner. Tetapi meningkatnya kekhawatiran etika dan privasi, serta nilai nan mahal menyebabkan produk tersebut dihentikan.

3. Kamera Resolusi Tertinggi

Sebuah lensa berdiameter lebih dari 1,5 meter, enam filter khusus, berbobot 3.000 kilogram, dan upaya pengembangan lebih dari 20 tahun menjadi bagian pengembangan kamera Large Synoptic Survey Telescope (LSST) di Observatorium Vera C. Rubin.

Kamera ini tidak hanya memegang rekor kamera digital beresolusi tertinggi di dunia, tetapi juga merupakan kamera digital terbesar nan pernah dibuat. Kamera ini juga punya sensor optik terbesar dan lensa terbesar di dunia, ialah 100 mm alias setara mata empat burung. Kamera ini dibuat untuk berada di observatorium dan mengumpulkan info dengan kecepatan 15 terabyte per malam selama 10 tahun.

Sensornya mencapai 3.200 megapiksel dengan bagian pandang 9,6 derajat persegi, bagian konsentrasi lebar 64 sentimeter, interval eksposur 15 detik, dan total 189 sensor CCD. Dibandingkan dengan kamera ponsel pandai beresolusi tertinggi 200 megapiksel, nomor itu hanya 6% dari resolusi kamera LSST.

Baca Juga

Honda Kembangkan Mobil Listrik dengan Teknologi VR


4. Headset VR Pertama

Teknologi realitas virtual nan terkenal saat ini rupanya telah dirintis pada 2015. Proyek imajinatif ini berupa headset VR pencari mata dari FOVE Inc. nan pertama dari jenisnya. Nama FOVE berasal dari fovea, lekukan mini pada mata tempat penglihatan paling baik. Mereka awalnya berambisi dapat mengumpulkan USD250 ribu alias Rp4 miliar untuk headset tersebut. Di luar dugaan, pengumpulan biaya mencapai Rp7,8 miliar dalam waktu kurang dari tiga hari.

5. Ponsel Terlaris

Jika memandang 10 ponsel terlaris sepanjang masa, jajarannya terdiri dari Nokia dan iPhone. Urutan nomor satu dipegang oleh Nokia 1100.Nokia tercatat kerap meluncurkan ponsel terlaris sepanjang masa, namun beberapa tahun kemudian ponsel tersebut apalagi tidak masuk dalam daftar lima besar produsen ponsel pintar.

Nokia 1100 telah terjual lebih dari 250 juta unit sejak diluncurkan pada 2003, diikuti oleh Nokia 1110 dengan 248 juta unit terjual. Nokia 1100 jauh lebih maju dari masanya, menawarkan umur panjang dan durabilitas tinggi. Keterjangkauan dan ketersediaannya nan mudah menjadikannya sangat terkenal di negara-negara berkembang. Dunia ponsel pandai telah berkembang pesat sejak saat itu.

6. Konsol Gaming Portabel dengan Augmented Reality (AR) Pertama

Konsol game portabel Nintendo rupanya lebih dulu menerapkan teknologi AR dibandingkan dengan iPhone saat ini. Bahkan menjadi merek pertama nan mengembangkan konsol game portabel dengan augmented reality dalam model Nintendo 3DS.