China Memperkenalkan Rumah Sakit AI Pertama di Dunia

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

loading...

Rumah Sakit AI Pertama di Dunia. FOTO/ THE SUN

JAKARTA - China telah meluncurkan rumah sakit AI (kecerdasan buatan) pertama di dunia, nan dijuluki 'Rumah Sakit Agen'. Fasilitas inovatif ini diklaim bisa menangani hingga 3.000 pasien per hari dan berpotensi menyelamatkan jutaan nyawa.

Baca Juga

Kecerdasan Buatan Google Mulai Bisa Digunakan

Seperti dilansir dari The SUN, sekelompok peneliti Chuna memperkenalkan rumah sakit dengan kepintaran buatan (AI) pertama di bumi nan diharapkan bisa merawat hingga 3.000 pasien setiap hari.

Dijuluki 'Rumah Sakit Agen', akomodasi virtual ini berpotensi menyelamatkan jutaan nyawa melalui hubungan otonomnya.

Dikembangkan oleh para peneliti dari Universitas Tsinghua di Beijing, Rumah Sakit Agen menggunakan robot master AI nan bisa melakukan pemeriksaan dan perawatan pasien secara otonom.

Sistem ini mencakup 14 master AI dan 4 perawat AI, nan dilengkapi dengan keahlian untuk mensimulasikan seluruh proses pemeriksaan dan perawatan, termasuk konsultasi, pemeriksaan, diagnosis, pengobatan, dan tindak lanjut.

Menurut kepala tim peneliti rumah sakit, Liu Yang, robot master AI ini bisa menangani hingga 10.000 pasien dalam beberapa hari.

Hal ini menjadikan Rumah Sakit Agen sebagai solusi nan sangat efisien untuk mengatasi kekurangan tenaga medis dan meningkatkan akses perawatan kesehatan bagi masyarakat.

Dengan perawatan nan mencakup penyakit pernapasan utama, para ahli medis virtual dapat mensimulasikan seluruh proses pemeriksaan dan perawatan pasien termasuk konsultasi, pemeriksaan, diagnosis, pengobatan, dan tindak lanjut.

Semua master AI dikembangkan untuk mendiagnosis penyakit dan merumuskan rencana perawatan terperinci, sementara empat perawat berfokus pada support sehari-hari.

(wbs)