Inovasi dalam melindungi sambungan konstruksi

Marice Phelipe

Waterproofing yang tepat dari sambungan konstruksi memainkan peran penting dalam memperkuat struktur beton di bawah kelas. Sambungan konstruksi adalah tempat berhenti—disebabkan oleh penuangan beton yang tidak kontinu—dan bidang kelemahan. Oleh karena itu, mereka mewakili bagian paling rentan dari struktur dari perspektif kedap air.

Tanpa sistem kedap air sambungan yang efektif yang dikenal sebagai penahan air Waterstop, bukan masalah apakah sambungan akan bocor, melainkan kapan sambungan itu akan bocor. Kebocoran atau kelembaban tidak hanya berdampak pada kemudahan servis struktur, tetapi juga menyebabkan kerusakan besar seperti korosi baja tulangan pada beton. Penetrasi air adalah masalah global karena mengurangi masa pakai struktur beton. Ini bertanggung jawab atas lebih dari 80 persen kerusakan fasilitas beton bertulang, sehingga terus membebani biaya perbaikan bagi pemilik dan pengembang.

Metode tradisional

Salah satu teknologi yang digunakan untuk membuat sambungan kedap air adalah Waterstop (PVC), juga dikenal sebagai “dumbbell” tradisional karena bentuknya. Lembaran plastik ini ditempatkan di seluruh sambungan sebelum beton dituangkan untuk menciptakan penghalang fisik untuk menghalangi penetrasi air. Jenis waterstop ini mengandalkan rusuk dalam desain untuk mencegah air melewati sambungan. Waterstop PVC sangat bagus untuk memblokir air, dan relatif murah, tetapi memiliki keterbatasan.

Pemadatan yang tidak tepat di sekitar waterstop menciptakan jalur untuk air—waterstop PVC dapat menekuk saat beton dituangkan, membentuk terowongan dan area di mana air dapat meresap. Ini tidak berarti waterstop tidak berfungsi; kekurangan instalasi atau pemadatan beton menyebabkan kebocoran. Lebih buruk lagi, hampir tidak mungkin untuk mengenali masalahnya sampai sambungan mulai bocor, yang sudah terlambat. Selain itu, ketika PVC dianggap sebagai penghalang tunggal, air dapat meresap hingga mencapai waterstop.

Metode alternatif

Kesulitan-kesulitan ini telah membuka pintu untuk sistem waterstop lainnya seperti strip pembengkakan hidrofilik dan lapisan waterstop kristal.

Pembengkakan waterstop adalah strip karet sintetis yang dirancang untuk sambungan konstruksi kedap air. Strip pembengkakan karet sintetis bertindak sebagai penghalang fisik dan dapat membengkak hingga 1000 persen dari volume asli untuk menutup sambungan konstruksi dan menghentikan aliran air. Kemampuannya untuk membengkak dan memblokir intrusi air, tidak hanya dalam kondisi hidrostatik, tetapi juga ketika menghadapi garam atau air yang terkontaminasi, membedakannya dari produk lain. Hal ini penting mengingat keadaan kelembaban di lingkungan laut.

Harga Waterstop sangat terjangkau, dan bisa di beli di toko toko bangunan terdekat di daerah anda.

Next Post

Here's what's stopping Detroiters who want to weatherize their homes

A leaky or damaged roof isn’t just an inconvenience. For homeowners, it stands in the way of making other improvements, including ones that can save money like weatherizing a home to cut down on energy costs. Weatherization seals up a house from the elements. It’s regarded as an important last step to make a place […]
Here’s what’s stopping Detroiters who want to weatherize their homes