Lagi Tren, Begini Cara Membuat Video Stop Motion di iPhone dan Android

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

loading...

Membuat video stop motion tak perlu perlengkapan kamera mahal dan canggih. (Foto: Creativebug)

JAKARTA - Kreator konten sekarang tengah tergila-gila membikin video stop motion. Saking menjadi tren, langkah membikin video stop motion di iPhone dan Android banyak dinanti.

Membuat video stop motion tak perlu perlengkapan kamera mahal dan canggih. Hanya butuh smartphone berbasis Android dan iOS.

Melansir laman Misahungry.com, Kamis (30/5/2024), stop motion berupa teknik merangkai sejumlah gambar untuk membikin video. Elemen dalam bingkai bakal dipindahkan sedikit pada setiap bidikan untuk menciptakan pengaruh gerakan. Kemudian, semua gambar tersebut digabungkan dengan support software untuk membikin video stop motion.

Langkah demi langkah langkah membikin video stop motion menggunakan telepon Apple dan Android bisa disimak berikut ini.

Baca Juga

Tips Tampil Fashionable di Video TikTok


1. Unduh dan instal aplikasi

Ada banyak aplikasi stop motion untuk membikin video stop motion, salah satunya Stop Motion Studio. Aplikasi Stop Motion Studio tersedia untuk platform Android dan iOS. Versi cuma-cuma dari aplikasi ini cukup baik untuk melakukan editing video. Jika tertarik dengan fitur-fitur lanjutannya, pilih jenis premium.

2. Buka aplikasi

Setelah menghentikan antarmuka aplikasi Motion Studio, buka aplikasinya. Lalu klik opsi " Film Baru " untuk membikin video stop motion baru. Aplikasi bakal meminta izin saat pengguna melakukan ini untuk pertama kalinya. Pilih opsi "saat menggunakan aplikasi".

3. Siapkan aksesori tambahan

Pengguna perlu tripod untuk kestabilan pengambilan gambar di ponsel. Pengguna juga perlu perangkat pengatur zoom alias pelepas rana jarak jauh untuk ponsel untuk membantu menghindari guncangan kamera saat menekan tombol di ponsel.

4. Tempatkan obyek video dengan tepat

Setelah memasang tripod, posisikan ponsel sedemikian rupa sehingga dapat memandang pemandangan melalui aplikasi. Kemudian, tempatkan semua objek dengan tepat untuk dipotret alias direkam.

5. Mengatur set kamera ponsel

Pengguna dapat memandang 8 opsi tombol berbeda di kedua sisi layar video. Lalu klik ikon kamera di pojok kanan atas. Klik "Pengaturan" jika mau mengubah rasio aspek, kecepatan pemutaran, filter, dan resolusi video.

Setelah posisi awal semua komponen dalam pemandangan diatur, pengguna dapat mengklik tombol pemicu rana merah untuk mengambil frame pertama.

Pindahkan komponen dan ambil frame foto berikutnya. Lanjutkan proses ini hingga menangkap semua frame foto nan diperlukan untuk video tersebut.

Jika mau memandang hasil video sementara, pengguna dapat mengklik tombol putar di bawah tombol kamera berwarna merah.

Baca Juga

Teknik Membuat Video agar Menjadi Viral


6. Opsi penyimpanan dan pengeditan

Setelah selesai mengambil gambar, klik tombol kembali di atas tombol rana (pojok kanan atas) untuk dapat memandang layar sebelumnya dan memandang semua bingkai nan diambil di layar bawah. Pengguna juga dapat menghapus alias menyisipkan bingkai baru di sini jika diperlukan.

Setelah puas dengan urutan gambarnya, klik tombol kembali di pojok kiri atas. Putar video dengan menyentuh dan menahan proyek motion untuk mendapatkan opsi putar.