Ternyata Kaca Film Gedung Bisa Membuat Ruangan Adem Tanpa AC

Marice Phelipe

Apakah anda pernah mendengar kaca gelap atau biasanya digunakan orang kebanyakan yaitu kaca film, bisa buat Gedung makin adem tanpa AC.

Saat kemarau dan sinar Matahari terik, insulasi dapat mengurangi kegerahan penghuni gedung. Insulasi adalah material yang dapat meredam dari gangguan panas atau bising.

Caranya, dengan mengurangi jumlah panas yang berpindah melalui struktur bangunan gedung ke dalam ruangan.

Selain menetralisir panas, insulasi juga berfungsi meredam suara kala musim hujan tiba. Suara gemericik air ketika hujan deras misalnya, “terserap” lebih dulu oleh insulasi, sehingga tidak mengganggu telinga.

Gedung modern tak bisa lepas dari kaca sebagai penerang ruangan, namun masih memberi rasa aman penghuni gedung.

Masalahnya, kaca film gedung bersifat menghantarkan panas sinar Matahari, yang tak bisa ditangkal dengan prinsip insulasi.

Berdasarkan fakta tersebut, apakah kaca harus dimusuhi? Mestinya tidak, karena kaca tetap dipakai oleh para arsitek, selain demi alasan keindahan (desain), juga karena lebih mudah perawatannya (cukup dibersihkan dengan lap basah jika kotor).

Dipakainya kaca untuk bangunan gedung atau rumah, juga bertujuan memudahkan pengaturan sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan.

Kaca dengan ketebalan dan jenis tertentu bisa mengurangi intensitas cahaya yang masuk.

Satu contoh, jenis kaca yang banyak meneruskan sinar atau sering disebut kaca film security, cocok digunakan untuk perumahan yang berhawa dingin dan sejuk. Jadi, fungsi kaca ini untuk menghangatkan ruangan.

Next Post

Hagerstown supports tearing down Wheaton Park house for upgrade plans

City officials support tearing down an old house in Wheaton Park as part of a redesign plan for the landmark off Jonathan Street.  The city has been gathering input from the community about improving the park that they say is due for an upgrade. And city officials looking at improvements say […]
Hagerstown supports tearing down Wheaton Park house for upgrade plans