Valuasi Tembus USD3 Triliun, Ini 5 Alasan Mengapa Nvidia Bisa Menyalip Apple

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

loading...

CEO Nvidia Jensen Huang menjadi sorotan seiring valuasi Nvidia nan terus meningkat. Foto: Getty Images

JAKARTA - Kombinasi aspek seperti AI telah mendorong valuasi Nvidia melampaui Apple, menjadikannya salah satu perusahaan paling berbobot di dunia.

Saham Nvidia (NVDA) untuk pertama kalinya tembus USD3 triliun, membikin raksasa chip asal Amerika itu melewati Apple. Nvidia menjadi perusahaan teknologi kedua terbesar di bumi sebelum Microsoft. Saat ini Microsoft (MSFT) memegang posisi teratas.

Nvidia menunjukkan antusiasme penanammodal terhadap kepintaran buatan, nan terus meningkat dengan dirilisnya ChatGPT oleh OpenAI pada akhir 2022.

Saham Nvdia naik lebih dari 140% tahun ini dan 200% selama setahun terakhir. Bahkan, saham Nvidia telah naik lebih dari 3.300% dalam lima tahun terakhir.

Berikut argumen utama kenapa Nvidia sukses melampaui Apple dalam perihal valuasi pasar :

1. Ledakan Kecerdasan Buatan (AI)

Nvidia adalah pemimpin dalam pengembangan chip skematis (GPU) nan sangat krusial untuk teknologi AI. Permintaan bakal teknologi AI telah meningkat pesat, terutama dengan ketenaran ChatGPT dan model AI generatif lainnya. Hal ini mendorong permintaan bakal GPU Nvidia, nan pada gilirannya meningkatkan nilai sahamnya.

2. Dominasi Pasar GPU

Nvidia mendominasi pasar GPU, terutama untuk aplikasi AI dan pusat data. Dominasi pasar ini memberikan Nvidia untung kompetitif nan signifikan dan memungkinkan mereka untuk menetapkan nilai nan lebih tinggi untuk produk mereka.

3. Optimisme Investor

Investor sangat optimis tentang potensi pertumbuhan Nvidia di masa depan. Mereka percaya bahwa permintaan bakal teknologi AI bakal terus meningkat, dan Nvidia berada di posisi nan tepat untuk memanfaatkan tren ini. Optimisme ini mendorong nilai saham Nvidia lebih tinggi.

Baca Juga

Valuasi Nvidia Tembus USD2 Triliun Berkat Lonjakan Minat AI


4. Kinerja Keuangan Kuat

Nvidia telah secara konsisten melaporkan keahlian finansial nan kuat, dengan pertumbuhan pendapatan dan untung nan mengesankan. Hal ini semakin memperkuat kepercayaan penanammodal terhadap prospek perusahaan.

5. Peluang Pasar nan Luas

Pasar AI tetap dalam tahap awal perkembangannya, dan Nvidia mempunyai banyak kesempatan untuk tumbuh. Perusahaan ini terus berinovasi dan mengembangkan produk baru nan dapat memenuhi kebutuhan pasar nan terus berkembang.

(dan)