Waspada Penipuan EURO 2024: Tiket Palsu, Koin Kripto Harry Kane, dan Streaming Ilegal

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

loading...

JAKARTA - Euforia Kejuaraan Eropa 2024 (EURO 2024) telah menjadi ladang subur bagi para penipu siber. Berbagai strategi licik digunakan untuk menjerat para fans sepak bola nan antusias. Mulai penjualan tiket palsu, koin mata uang digital bertema pemain populer, hingga platform streaming ilegal.

Modus Penipuan Beragam

Salah satu modus nan paling umum adalah penjualan tiket palsu. Penipu menyamar sebagai perusahaan ternama, menawarkan tiket cuma-cuma EURO 2024 sebagai umpan. Setelah pengguna terpancing, mereka bakal diminta mengisi blangko dengan info pribadi nan berbobot bagi pelaku kejahatan.

Tak hanya itu, penipu juga memanfaatkan ketenaran EURO 2024 dengan menjual koin mata uang digital unik nan menampilkan pemain terkenal seperti Harry Kane.

Koin-koin ini dipromosikan secara masif melalui email dan media sosial, menciptakan ilusi kesempatan investasi nan menggiurkan. Namun, begitu nilai koin melambung, penipu bakal menjual kepemilikan mereka, menyebabkan nilai koin ambruk dan merugikan para pembeli.

Para fans sepak bola nan lebih memilih menonton pertandingan secara online juga tidak luput dari sasaran penipu. Platform streaming tiruan bermunculan, menawarkan tayangan eksklusif dengan nilai murah.

Namun, situs-situs ini tidak hanya berpotensi mencuri info pribadi dan pembayaran, tetapi juga bisa mengandung kerentanan keamanan nan membahayakan perangkat pengguna.

Bahkan, toko online tiruan nan menjual merchandise EURO 2024 dengan potongan nilai besar juga menjadi bagian dari skema penipuan ini. Para korban tergiur dengan nilai murah, namun peralatan nan dipesan tidak pernah sampai ke tangan mereka.

Tips Menghindari Penipuan EURO 2024

Olga Svistunova, master keamanan di Kaspersky, mengingatkan bahwa penipu terus beradaptasi dengan tren terkini. Oleh lantaran itu, krusial bagi kita untuk selalu waspada dan tidak mudah tergiur dengan tawaran nan terlalu menggiurkan.

Baca Juga

Kylian Mbappe Patah Hidung saat Euro 2024, Kenali Risiko Komplikasi nan Bisa Terjadi

Berikut adalah beberapa tips dari Kaspersky untuk menghindari penipuan EURO 2024:

1. Verifikasi Keaslian: Belilah tiket, merchandise, alias jasa hanya dari sumber resmi dan terpercaya. Periksa situs web resmi EURO 2024 untuk daftar penjual resmi.

2. Waspada Terhadap Penawaran Menarik: Jika ada penawaran nan terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kemungkinan besar itu adalah penipuan. Hati-hati dengan potongan nilai besar dan penawaran eksklusif dari sumber nan tidak dikenal.

3. Lindungi Data Pribadi: Jangan pernah membagikan info pribadi dan finansial di situs web nan tidak aman. Pastikan situs web tersebut menggunakan protokol HTTPS dan mempunyai simbol gembok di bilah alamat browser.

4. Edukasi Diri: Pelajari strategi penipuan nan umum digunakan dan caramengenalinya.

(dan)