11 Fitur Baru iOS 18 yang Super Keren, Bikin Mupeng

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Indogamers.com - Apple memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka untuk perangkat iPhone, dalam arena WWDC 2024. Sistem operasi terbaru tersebut adalah iOS 18 nan merupakan penerus dari iOS 17.

Sistem operasi ini tentu saja menghadirkan sejumlah peningkatan dan fitur-fitur baru.

Fitur baru nan dibawa iOS 18 untuk iPhone lebih banyak jika dibandingkan dengan iOS 17, fitur-fitur tersebut memungkinkan pengguna mengatur iPhone miliknya dengan lebih personal. Selain itu, iOS 18 juga lebih pandai lantaran telah mendapatkan support dari teknologi AI (Artificial Intelligence).

Baca Juga: 3 Aplikasi Share Screen Terbaik untuk Android dan iOS

iOS 18 sendiri diperkenalkan pada 10 Juni 2024, dan dikabarkan bakal datang pada September 2024 berbarengan dengan rilisnya iPhone 18.

Untuk fitur-fitur baru nan bakal datang pada iOS 18 ini adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari laman resmi Apple.

Fitur baru iOS 18

1. Apple Intelligence

Salah satu fitur baru nan datang pada iOS 18 dan cukup ditunggu-tunggu banyak pengguna adalah support AI (Artificial Intelligence). Apple resmi membekali iOS 18 dengan support AI nan berjulukan Apple Intelligence.

Secara umum, fitur baru ini mempunyai keahlian untuk mengolah teks, gambar, dan audio. Apple Intelligence datang melalui alat, aplikasi, alias fitur nan tersedia di iOS 18, seperti Writing Tools, Image Wand, aplikasi Image Playground, dan fitur di Photos.

Dukungan AI di iOS 18 ini sayangnya tidak tersedia di semua model iPhone. Apple Intelligence hanya bakal tersedia di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max nan menggunakan chipset A17 Pro.

Kemudian, bahasa nan digunakan Apple Intelligence juga tetap terbatas. Untuk saat ini, Apple Intelligence hanya mendukung bahasa Inggris style Amerika Serikat. Dukungan Apple Intelligence baru bakal datang dalam jenis beta pada sekitar September nanti.

2. Kustomisasi layar home

Selain support AI, iOS 18 juga membawa fitur terobosan nan cukup menarik, ialah kustomisasi layar Home. Di iOS 18, pengguna bisa memodifikasi layar Home dengan tersedia opsi untuk mengubah warna, ukuran, dan posisi dari ikon aplikasi.

3. Kustomisasi control center

Dalam perihal kustomisasi tampilan nan lebih personal, Apple juga membekali iOS 18 dengan keahlian untuk kustomisasi Control Center. Halaman Control Center nan berisi tombol-tombol pengaturan sigap dulu tampilannya tak dapat diubah-ubah.

Dengan iOS 18, pengguna sekarang bisa mengubah ukuran, posisi, dan menambah tombol pengaturan di laman Control Center.

4. Aplikasi password

Fitur baru nan datang pada iOS 18 nan berikutnya adalah aplikasi Password bawaan. Aplikasi ini mirip Keychain Access di Macbook. Aplikasi Password berfaedah untuk menyimpan semua password alias info login nan dipakai pengguna di beragam platform.

5. RCS di Message

Selanjutnya, iOS 18 akhirnya membawa fitur RCS (Rich Communication Service) di aplikasi bawaan Message.

Fitur ini memungkinkan pengguna berkirim pesan antar platform, dari iPhone ke Android, dengan dapat memuat media seperti gambar dan menampilkan status pesan telah terkirim alias dibaca.

6. Game mode

Fitur iOS 18 nan berikutnya adalah Game Mode. Dengan Game Mode, pengguna bakal bisa mendapatkan frame rates nan lebih stabil ketika bermain game di iPhone. Game Mode bakal meminimalkan aktivitas di latar belakang, sehingga frame rate bisa lebih stabil.

Selain itu, Game Mode juga dapat mengurangi latensi dari AirPods dan perangkat wireless lainnya seperti joystick Bluetooth, sehingga pengguna bisa mendapatkan pengalaman nan lebih responsif saat bermain game.

Baca Juga: Sukses dengan Helldivers 2, Arrowhead Game Studios Umumkan Misi Tandingi Blizzard

7. Mail

Di aplikasi bawaan Mail, iOS 18 membawa sejumlah fitur baru. Misalnya, Mail di iOS 18 dibekali fitur kategorisasi pesan, nan memungkinkan pesan disortir dalam kategori-kategori tertentu, seperti pesan promosi, pesan surat kabar, alias pemasaran.

Kemudian, terdapat pula kategori pesan penting, seperti pesan nan punya pemisah waktu, pesan dari keluarga, pesan dari kolega, dan lainnya. Dengan fitur ini, pengguna bakal lebih mudah untuk merespons pesan di Mail.

8. Safari

Selain Mail, iOS 18 juga membawa fitur-fitur baru di aplikasi bawaan Safari. Di iOS 18, Safari dapat menonjolkan konten di website nan relevan dengan kata kunci pencarian pengguna.

Kemudian, Safari juga bisa menampilkan ringkasan tulisan di website sebelum pengguna membacanya.

9. Maps

Maps di iOS 18 dibekali keahlian untuk menampilkan peta topografi, nan menunjukkan bagian permukaan dari suatu wilayah. Kemudian, aplikasi bawaan Maps di iOS 18 mempunyai fitur nan memungkinkan pengguna membikin rute sendiri untuk jalan-jalan dan mendaki.

10. Notes

Aplikasi bawaan Notes juga tak ketinggalan mendapatkan fitur baru di iOS 18. Apple membekali aplikasi Notes di iOS 18 dengan fitur nan memungkinkan pengguna untuk merekam audio dan membikin transkripnya secara langsung.

Selain itu, aplikasi Notes juga dibekali dengan keahlian untuk melakukan penghitungan matematika secara otomatis ketika pengguna menulis nomor dan formula tertentu. Biasanya, pengguna menulis “2 + 2 =”, Notes bakal bisa menyajikan jawaban “4” secara otomatis.

Nah, itulah tadi beberapa fitur baru nan bakal datang pada iOS 18, namun perlu diingat tidak semua fitur baru tersebut bisa dinikmati di semua produk iPhone dengan iOS 18.***

Guides12 Juni 2024, 21:01 WIB

Game Call of Duty: Black Ops 6 dikonfirmasi sebagai titel terbaru franchise Call of Duty dan segera dirilis akhir tahun ini.

 Steam)

Console12 Juni 2024, 20:22 WIB

Julian Gerighty, kepala imajinatif dari Star Wars Outlaws, mengungkapkan perincian menarik tentang lama permainan nan sangat dinanti ini

 Ubisoft)

News12 Juni 2024, 20:01 WIB

Activision Blizzard menjelaskan bahwa ukuran game Call of Duty: Black Ops 6 tidak sampai 300 GB.

 Call of Duty)

Gadget12 Juni 2024, 19:02 WIB

Sistem operasi terbaru iOS 18 tetap bakal tersedia untuk iPhone X Series, selain iPhone X reguler.

 phonearena.com)

Guides12 Juni 2024, 18:56 WIB

Instagram sekarang mempunyai dua mode akun, ialah akun pribadi dan akun bisnis. Untuk membikin akun pribadi menjadi akun bisnis, alias sebaliknya, Anda bisa ikuti langkah berikut.

 Instagram)

E-Sport12 Juni 2024, 18:23 WIB

Fnatic ONIC Lutpiii beritahu siapa sosok nan mempengaruhinya untuk bisa sukses meraih juara MPL ID Season 13

 Indogamers/Rozi)

Gadget12 Juni 2024, 18:18 WIB

Jika keyboard laptop Windows nan Anda gunakan bermasalah, Anda bisa menggunakan keyboard virtual nan ditampilkan di layar dengan langkah berikut.

 Indogamers)

Mobile12 Juni 2024, 18:00 WIB

BoomBit Inc., developer game nan sudah dikenal luas, baru saja merilis permainan simulasi terbaru mereka, Car Mechanic Garage.

 BoomBit Games)

News12 Juni 2024, 17:37 WIB

Treyarch menepis spekulasi bahwa Call of Duty: Black Ops 6 bakal menggambarkan serangan 11 September 2001 alias 9/11 di Amerika Serikat.

 Steam)

Gadget12 Juni 2024, 17:02 WIB

Apple resmi merilis iOS 18 dengan menghadirkan beragam fitur baru nan keren.

 macrumors)