5 Fitur iOS 18 yang Mirip Android, Apa Saja Nih?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Indogamers.com - Apple baru saja mengumumkan sistem operasi terbaru untuk iPhone, ialah iOS 18 nan diperkenalkan pada arena Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024.

Sistem operasi iOS 18 ini datang dengan fitur-fitur baru nan tidak dimiliki iOS jenis sebelumnya.

Meskipun fitur baru nan dimiliki iOS 18 ini tetap tergolong baru untuk Apple, namun tidak dengan Android. Sebab, beberapa fitur nan dimiliki iOS 18 ini sudah dimiliki lebih dulu di sistem operasi Android.

Bisa juga dikatakan jika Apple mengadaptasi fitur baru pada iOS 18 ini dari Android. Fitur baru di iOS 18 nan sudah ada di Android ini setidaknya ada empat fitur. Salah satu diantaranya adalah fitur dengan support AI nan sudah tersedia lebih dulu di sistem operasi Android.

Untuk lebih jelasnya lagi fitur-fitur baru di iOS 18 nan diadaptasi dari fitur di sistem operasi Android ini, bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Cara Update Game Sakura School Simulator Versi Terbaru 2024 untuk Android dan iOS

1. Kustomisasi dan tema untuk lockscreen dan home screen

Salah satu fitur baru nan datang di iOS 18 adalah kustomisasi dan tema pada lockscreen dan home screen, meskipun fitur ini baru untuk perangkat Apple, tapi tidak untuk Android.

Dengan fitur ini pengguna iOS 18 bisa menempatkan beberapa ikon aplikasi di mana saja di Home Screen. Jadi, penempatan ikon aplikasi ini bisa per ikon alias beberapa ikon sekaligus.

Ikon aplikasi di iOS 18 juga mempunyai mode gelap. Dengan mode ini, warna ikon bakal berubah lebih redup. Elemen warnanya bakal didominasi warna gelap.

Selain itu, Apple juga turut menyuguhkan keahlian mengubah warna ikon, agar bisa lebih senada dengan wallpaper ponsel.

Meskipun di Android fitur ini sudah ada, namun tidak sepenuhnya sama. Karena ada sedikit perbedaan, seperti keahlian mengkustomisasi warna ikon-ikon di aplikasi.

2. Menjadwalkan pesan

Di iOS 18, sekarang para penggunanya bisa menjadwalkan pesan di platform seperti Gmail, Outlook, dan WhatsApp. Meskipun fitur ini baru untuk perangkat Apple, perangkat Android sudah mempunyai fitur ini lebih dulu.

3. Gaming mode

Gaming mode merupakan salah satu dari beberapa fitur baru nan datang untuk iOS 18. Fitur ini menghadirkan pengalaman bermain game nan lebih imersif. Tingkat refresh rate nan tinggi bakal menawarkan keahlian bermain game nan maksimal.

Di Gaming mode, sistem juga secara otomatis menurunkan latensi, jika pengguna juga menggunakan AirPods sembari bermain. Saat mengaktifkan Gaming mode, bakal ada fitur perekaman layar, mode DnD (Do-not-Disturb), menghitung frame per second (fps). Tujuannya sama, mengoptimalkan pengalaman bermain game sembari menawarkan keahlian terbaik.

Jika pada Apple fitur ini terbilang baru dan sangat spesial bagi para pengguna iPhone nan doyan bermain game, namun pada Android fitur ini sudah lama diadopsi. Bahkan nyaris semua merek HP dengan sistem operasi Android sudah menggunakan fitur ini.

Baca Juga: Supercell Resmi Merilis Squad Busters di Android dan iOS

4. Editor foto AI

Fitur selanjutnya nan ada di iOS 18 dan sudah ada di Android adalah penyunting foto AI. Dengan fitur baru ini, para pengguna iOS 18 bisa menghapus dari latar belakang, dan mengisi ruang kosong berasas lingkungan sekitar lantaran fitur tersebut bisa mendeteksi subjek di dalam foto.

Fitur ini langkah kerjanya mirip seperti Magic Eraser Google dan Magic Editor nan ada pada Android.

5. Aplikasi dan berkas terkunci

Pada iOS 18, Apple menghadirkan aplikasi dan berkas terkunci nan memungkinkan para pengguna untuk mengunci aplikasi agar hanya bisa dibuka oleh pemiliknya saja.

Para pengguna nan memanfaatkan fitur ini , pengguna kudu membuka aplikasinya dengan beberapa opsi autentifikasi, seperti FaceID, TouchID, alias kode/kata sandi. Aplikasi nan tersembunyi juga tidak bakal muncul di Home Screen, dan dipindah ke berkas Hidden.

Fitur ini sudah ada lebih dulu di Android, seperti Samsung, OnePlus, Xiaomi, dan tetap banyak lagi.***

Gadget18 Juni 2024, 19:59 WIB

Galaxy Tab S9 FE datang dengan layar bening dan luas hingga 12,4 inci, didukung dengan prosesor Exynos 1380 berkinerja tinggi.

 Dok. Samsung Indonesia)

Reviews18 Juni 2024, 18:03 WIB

Wah, bisa jadi pemilik toko fashion sukses nih.

 Dok. Kiki Games)

Reviews18 Juni 2024, 17:01 WIB

CodeXplore sebagai developer game simulasi mungkin tak menyangka, salah satu game besutannya bisa mendapatkan atensi luar biasa dari gamers Tanah Air.

 Tangkapan layar/Playstore)

News18 Juni 2024, 16:07 WIB

Grand Theft Auto (GTA) betul-betul menjadi sajian sukses dari Rockstar Games lantaran sudah memperkuat selama puluhan tahun.

 Rockstar North via Wikipedia)

Reviews18 Juni 2024, 16:05 WIB

Sebagai developer game simulasi, CodeXplore tak hanya mengembangkan Ojol The Game.

 Tangkapan Layar/GooglePlay)

Guides18 Juni 2024, 13:50 WIB

Wuthering Waves, game action RPG nan sedang populer, bakal menambahkan karakter baru nan menarik, Jinhsi, dalam pembaruan jenis 1.1 pada 30 Juni 2024.

 Kuro Games)

News18 Juni 2024, 13:35 WIB

Dirilis tahun 2023 silam, Baldur's Gate 3 sukses mendapatkan begitu banyak penghargaan salah satunya The Game Award untuk Game Terbaik Tahun Ini.

 Steam)

Guides18 Juni 2024, 11:53 WIB

Pada pembaruan terbaru dari permainan terkenal Wuthering Waves, datang karakter baru nan sangat dinantikan oleh para pemain, ialah Changli.

 Kuro Games)

News18 Juni 2024, 11:49 WIB

Bagi pengguna iOS, tentunya sudah tidak asing lagi dengan game Fantasian Mistwalker nan dirilis tahun 2021.

 Mistwalker)

Guides18 Juni 2024, 11:07 WIB

Roamer mempunyai tugas krusial untuk menjaga dan mendukung tim sepanjang permainan,berikut beberapa tips nan bisa Anda lakukan.

 Honor of Kings)