Berapa Harga VAR yang Dipakai di Liga 1 Indonesia?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

loading...

Harga VAR nan digunakan oleh Liga 1 di Indonesia krusial untuk dipahami. Foto: ist

JAKARTA - Di Liga 1 Indonesia, VAR mulai diterapkan pada musim 2023-2024 dengan tujuan meningkatkan kecermatan dan keadilan dalam pengambilan keputusan wasit.

Perangkat VAR belakangan memang banyak disebut-sebut dipertandingan bola. VAR digunakan untuk meninjau empat jenis keputusan kunci dalam pertandingan sepak bola.

VAR (Video Assistant Referee) adalah sistem teknologi nan digunakan untuk membantu wasit dalam mengambil keputusan krusial selama pertandingan sepak bola.

VAR dapat meninjau apakah gol sah alias tidak, termasuk memeriksa kemungkinan offside, handball, alias pelanggaran lainnya.

Kemudian, VAR dapat meninjau apakah keputusan penalti sudah tepat alias tidak, termasuk memeriksa apakah pelanggaran terjadi di dalam alias di luar kotak penalti.

VAR juga dapat meninjau apakah keputusan kartu merah langsung sudah tepat alias tidak, termasuk memeriksa apakah pelanggaran cukup serius untuk mendapatkan kartu merah.

Selain itu, VAR dapat membantu wasit mengidentifikasi pemain nan melakukan pelanggaran jika wasit salah memberikan kartu kepada pemain nan salah.

Prosedur VAR

Berapa Harga VAR nan Dipakai di Liga 1 Indonesia?

- Kejadian di lapangan: Saat terjadi kejadian nan berpotensi memerlukan peninjauan VAR, wasit utama dapat meminta VAR untuk meninjau tayangan ulang.

- Peninjauan VAR: Wasit VAR bakal meninjau tayangan ulang dari beragam perspektif dan memberikan rekomendasi kepada wasit utama.

- Keputusan akhir: Wasit utama mempunyai keputusan akhir, apakah bakal menerima rekomendasi VAR alias tidak. Wasit utama juga dapat memutuskan untuk memandang sendiri tayangan ulang di monitor VAR.

PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah membeli 15 perangkat VAR untuk digunakan di Liga 1. Biaya pembelian perangkat ini sudah lebih dari Rp100 miliar.

Baca Juga

PT LIB Perkenalkan VAR di Stadion si Jalak Harupat

Selain itu, PT LIB juga mengadakan training untuk wasit dan operator VAR. Biaya training ini belum termasuk dalam nomor Rp100 miliar nan disebutkan sebelumnya.

Tidak hanya itu, beberapa stadion mungkin perlu disesuaikan agar memenuhi standar penggunaan VAR. Dengan demikian, total biaya penerapan VAR di Liga 1 Indonesia dipastikan bakal melampaui Rp100 miliar.

(dan)