Bikin Penasaran, Apa Saja Fitur Menarik Aplikasi Kalkulator di iPad yang Ada di iOS 18?

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Indogamers.com - Melalui sistem operasi terbaru untuk iPad, ialah iPad OS18, Apple menghadirkan aplikasi kalkulator internal iPad.

Awalnya, para pengguna iPad kudu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan penghitungan di iPad. Mulai dari iPad generasi pertama hingga iPad generasi terbaru saat ini nan tetap menggunakan sistem operasi iPadOS 17.

Namun, penggunaan aplikasi kalkulator dari pihak ketiga untuk iPad ini sering kali dipenuhi dengan iklan. Selain itu, aplikasi kalkulator dari pihak ketiga untuk iPad ini juga belum dioptimalkan, sehingga hanya bisa melakukan penghitungan matematika sederhana.

Baca Juga: Membedah Apple Pencil Pro, dari Fitur, Harga dan Perangkat iPad nan Bisa Menggunakannya

Karena itu, Apple mungkin memberikan jawaban dari keluhan-keluhan para pengguna iPhone melalui iPadOS 18. Pengguna bisa menghitung dengan aplikasi kalkulator bawaan baru dengan kreasi nan sama dengan kalkulator di iPhone. Bedanya, aplikasi kalkulator baru ini sudah dioptimalkan untuk layar iPad nan besar.

Para pengguna iPad, sekarang bisa menggunakan iPad mereka dalam menggunakan kalkulator dasar dan ilmiah, komplit dengan support riwayat dan konversi satuan (panjang, berat, mata uang, dan lainnya).

Menariknya lagi, Apple juga mengoptimalkan kalkulator untuk iPad melalui sistem operasi iPadOS 18 dengan stylus Apple Pencil, dengan menghadirkan fitur nan berjulukan “Math Notes”.

Pengguna bisa menuliskan soal hitungan (seperti matematika, fisika, anggaran jalan-jalan, dll) komplit dengan rumus/fungsinya di Notes kalkulator, seperti menulis di atas kertas. Kemudian, kalkulator bakal menyelesaikan soal secara otomatis dan variabel nan ditulis pengguna di soal bisa diganti-ganti, kemudian hasil bakal kembali disesuaikan.

Melalui fitur barunya Math Notes, pengguna juga bisa membikin grafik, mengubah variabel nan ada di soal, kemudian diagram nan dibuat juga bakal ikut disesuaikan, seperti dikutip dari laman resmi Apple.

Namun, tidak semua iPad bisa menggunakan aplikasi kalkulator terbaru nan ada di iPad. Sebab, hanya iPad dengan generasi kelima ke atas nan bisa menggunakan iPadOS 18, dan saat ini iPadOS 18 baru tersedia dalam jenis developer beta. Untuk jenis publiknya, iPadOS 18 baru bakal dirilis pada Juli, 2024.

Baca Juga: Performa Prosesor, Kualitas Layar dan Kekuatan Baterai iPad Air 2024

Untuk kesiapan kalkulator bawaan untuk iPad nan dibawa oleh sistem operasi iPadOS 18 adalah sebagai berikut.

  • iPad mini (generasi kelima dan lebih baru)

  • iPad (generasi ketujuh dan lebih baru)

  • iPad Air (generasi ketiga dan lebih baru)

  • iPad Air (M2)

  • iPad Pro 12,9-inci (generasi ketiga dan lebih baru)

  • iPad Pro 12,9-inci (generasi ketiga dan lebih baru)

  • iPad Pro (M4).***

Gadget18 Juni 2024, 19:59 WIB

Galaxy Tab S9 FE datang dengan layar bening dan luas hingga 12,4 inci, didukung dengan prosesor Exynos 1380 berkinerja tinggi.

 Dok. Samsung Indonesia)

Reviews18 Juni 2024, 18:03 WIB

Wah, bisa jadi pemilik toko fashion sukses nih.

 Dok. Kiki Games)

Reviews18 Juni 2024, 17:01 WIB

CodeXplore sebagai developer game simulasi mungkin tak menyangka, salah satu game besutannya bisa mendapatkan atensi luar biasa dari gamers Tanah Air.

 Tangkapan layar/Playstore)

News18 Juni 2024, 16:07 WIB

Grand Theft Auto (GTA) betul-betul menjadi sajian sukses dari Rockstar Games lantaran sudah memperkuat selama puluhan tahun.

 Rockstar North via Wikipedia)

Reviews18 Juni 2024, 16:05 WIB

Sebagai developer game simulasi, CodeXplore tak hanya mengembangkan Ojol The Game.

 Tangkapan Layar/GooglePlay)

Guides18 Juni 2024, 13:50 WIB

Wuthering Waves, game action RPG nan sedang populer, bakal menambahkan karakter baru nan menarik, Jinhsi, dalam pembaruan jenis 1.1 pada 30 Juni 2024.

 Kuro Games)

News18 Juni 2024, 13:35 WIB

Dirilis tahun 2023 silam, Baldur's Gate 3 sukses mendapatkan begitu banyak penghargaan salah satunya The Game Award untuk Game Terbaik Tahun Ini.

 Steam)

Guides18 Juni 2024, 11:53 WIB

Pada pembaruan terbaru dari permainan terkenal Wuthering Waves, datang karakter baru nan sangat dinantikan oleh para pemain, ialah Changli.

 Kuro Games)

News18 Juni 2024, 11:49 WIB

Bagi pengguna iOS, tentunya sudah tidak asing lagi dengan game Fantasian Mistwalker nan dirilis tahun 2021.

 Mistwalker)

Guides18 Juni 2024, 11:07 WIB

Roamer mempunyai tugas krusial untuk menjaga dan mendukung tim sepanjang permainan,berikut beberapa tips nan bisa Anda lakukan.

 Honor of Kings)