Euro 2024 Gunakan AI untuk Bantu Wasit Mengambil Keputusan saat Pertandingan

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

loading...

Euro 2024 Gunakan AI untuk Bantu Wasit. FOTO/ DAILY MAIL

BERLIN - Euro 2024 di Jerman menggunakan teknologi AI mutakhir untuk membantu para wasit membikin keputusan nan lebih jeli dan meningkatkan pengalaman menonton bagi para penggemar.

Baca Juga

Keseksian WAGs Timnas Inggris Jadi Modal di IG selama Euro 2024

Euro 2024 di Jerman telah dimulai, membawa kegembiraan bagi para fans sepak bola di seluruh dunia. Pertandingan pembuka antara Skotlandia dan tuan rumah telah selesai, dan sekarang Inggris bersiap untuk memulai kampanye mereka melawan Serbia pada hari Minggu.

Tahun ini, turnamen ini menandakan era baru dalam sepak bola, dengan teknologi pandai nan digunakan untuk membantu para wasit membikin keputusan nan lebih jeli dan tepat waktu.

Seperti dilansir dari Daily Mail, (17/6/2024), sistem VAR nan sudah dikenal bakal terus digunakan untuk meninjau kejadian genting seperti gol, kartu merah, dan penalti.

Bola pertandingan resmi Adidas dilengkapi dengan sensor nan melacak pergerakan dan mendeteksi momen kapan bola melewati garis gawang. Hal ini membantu para wasit dalam mengambil keputusan offside nan lebih sigap dan akurat.

Sistem ini menggunakan kamera dan AI untuk melacak posisi pemain secara real-time dan secara otomatis memberi tahu wasit jika terjadi pelanggaran offside.

Teknologi ini diharapkan dapat meminimalisir kontroversi dan meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dalam pertandingan.

Meskipun demikian, beberapa pihak tetap mempertanyakan penggunaan teknologi dalam sepak bola, dengan kekhawatiran bahwa perihal itu dapat mengganggu alur permainan dan mengurangi peran wasit di lapangan.

Namun, UEFA percaya bahwa teknologi ini bakal membantu meningkatkan transparansi dan keadilan dalam permainan, dan pada akhirnya memberikan pengalaman nan lebih baik bagi para penggemar.

Kesimpulannya, Euro 2024 menandai langkah krusial dalam penggunaan teknologi AI dalam sepak bola. Dengan support teknologi ini, diharapkan para wasit dapat membikin keputusan nan lebih tepat dan akurat, sehingga meningkatkan kualitas dan keadilan dalam pertandingan.

(wbs)