Memahami Apa Itu Enkripsi? Ketahui Cara Kerja dan Manfaatnya

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Indogamers.com - Jika Anda sering menggunakan dan mengawasi aplikasi pesan instan di smartphone, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah enkripsi meskipun tidak tahu apa itu makna dari enkripsi.

Mudahnya, enkripsi adalah teknologi pengamanan nan bisa melindungi beragam info terutama info nan berkarakter pribadi untuk para penggunanya.

Atau bisa juga dikatakan jika enkripsi merupakan teknologi nan membikin pesan alias chatting para pengguna dengan orang lain tidak bisa diketahui oleh orang nan lain.

Bahkan, tidak hanya masalah chating saja, tapi beragam info krusial juga bakal dilindungi sehingga tidak mudah tersebar.

Baca Juga: Tips Jaga Keamanan Siber Saat Beli Game Online, Cek!

Nah, untuk lebih jelasnya lagi mengenai apa itu enkripsi, langkah kerja dan faedah dari enkripsi ini, bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

Enkripsi

Dilansir dari laman Coding Studio, teknologi enkripsi alias dikenal juga dengan Encryption Technology ini adalah proses untuk mengacak suatu data. Dengan demikian, data-data tersebut hanya bakal dipahami oleh orang-orang tertentu, seperti bagian developer dari sebuah aplikasi.

Pengacakan nan terjadi, sebenarnya tidak dilakukan secara acak. Namun pengacakannya menggunakan suatu algoritma tersendiri nan bakal membikin info tersebut seolah-olah menjadi random dan tidak beraturan.

Proses ini bisa terjadi lantaran adanya Cryptographic Key, nan merupakan suatu karakter dalam algoritma nan terdapat di dalam teknologi enkripsi ini.

Cryptographic Key sendiri mempunyai isi berupa kumpulan nilai matematika, nan bakal disepakati oleh kedua belah pihak baik pengirim alias sang penerima pesan nan telah terenkripsi.

Karena canggihnya teknologi enkripsi ini, meskipun banyak nan mencari langkah membuka pesan enkripsi end- to end seperti nan ditulis dalam sebuah aplikasi pesan instan terkenal.

Namun, pada kenyataannya tidak semudah itu dan memerlukan banyak sekali proses hingga pengetahuan nan sangat tinggi.

Cara kerja enkripsi

Seperti nan sudah dijelaskan di atas, enkripsi adalah salah teknologi pengamanan info nan biasanya digunakan di aplikasi-aplikasi pesan instan. Teknologi satu ini memilikinya caranya tersendiri untuk mengamankan info dari beragam serangan cyber nan mau mencuri beragam info pribadi.

Baca Juga: Bahayakan Privasi dan Keamanan, 4 Aplikasi Android Ini Sebaiknya Tidak Diinstal

Untuk langkah kerja dari enkripsi sendiri, dibedakan menjadi beberapa jenis, tergantung dari Encryption Key nan digunakan, menjadi asimetris, dan simetris.  

Enkripsi asimetris dikenal juga dengan public-key cryptography alias public-key encryption. Hal ini lantaran enkripsi jenis ini menggunakan dua kunci nan saling berhubungan, ialah kunci publik dan kunci pribadi.

Kunci publik berfaedah untuk mengenkripsi pesan dan dapat diakses oleh semua orang. Sedangkan kunci pribadi berfaedah untuk mendekripsi pesan dan hanya dapat diakses oleh pemilik kunci untuk menjaga privasi.

Sedangkan enkripsi simetris, dalah jenis enkripsi nan proses penguncian info dan proses pembukaan datanya dilakukan menggunakan satu kunci nan sama.

Karena menggunakan satu kunci nan sama, maka algoritma enkripsi pada jenis ini terlihat tidak terlalu kompleks dan condong lebih mudah untuk dieksekusi. Jenis enkripsi ini adalah pilihan nan tepat untuk membawa transmisi info dalam jumlah besar.

Manfaat enkripsi

Setelah mengetahui apa itu enkripsi dan langkah kerja dari enkripsi, selanjutnya Anda juga kudu tahu apa faedah dari enkripsi ini. Enkripsi sendiri mempunyai faedah nan cukup banyak, diantaranya adalah:

Menjaga privasi pengguna

Salah satu faedah dari enkripsi adalah menjaga privasi pengguna. Sebab, enkripsi langkah kerja dari teknologi ini mengacak info dan membuatnya menjadi tidak mudah untuk dipahami oleh orang nan tidak berkepentingan, maka sudah pasti privasi pengguna bakal sangat aman.

Bahkan, dengan info nan telah terenkripsi, beragam masalah seperti kebocoran privasi bisa segera dicegah dengan sangat baik.

Memberikan perlindungan

Manfaat dari enkripsi selanjutnya adalah memberikan perlindungan para para pengguna aplikasi pengirim pesan teks alias bunyi nan mempunyai keamanan info terenkripsi.

Bayangkan saja jika aplikasi pengirim pesan teks alias bunyi ini tidak mempunyai teknologi enkripsi, semua orang termasuk orang nan tidak Anda kenal bisa membaca isi pesan Anda dengan orang nan Anda sayangi alias orang terdekat Anda lainnya.

Bukan hanya beragam info berkarakter pribadi Anda nan menjadi diketahui oleh orang, apalagi Anda juga bisa kehilangan beragam info krusial nan dapat membikin Anda mengalami kerugian besar.

Tanda tangan digital

Manfaat terakhir dari enkripsi adalah sebagai tanda tangan digital. Tanda tangan digital ini bisa Anda gunakan dalam email nan sangat krusial dan kudu dibaca oleh orang nan dituju.

Dengan adanya tanda tangan digital, hanya orang nan dituju saja nan bisa membaca isi dari surel tersebut.***

Gadget18 Juni 2024, 19:59 WIB

Galaxy Tab S9 FE datang dengan layar bening dan luas hingga 12,4 inci, didukung dengan prosesor Exynos 1380 berkinerja tinggi.

 Dok. Samsung Indonesia)

Reviews18 Juni 2024, 18:03 WIB

Wah, bisa jadi pemilik toko fashion sukses nih.

 Dok. Kiki Games)

Reviews18 Juni 2024, 17:01 WIB

CodeXplore sebagai developer game simulasi mungkin tak menyangka, salah satu game besutannya bisa mendapatkan atensi luar biasa dari gamers Tanah Air.

 Tangkapan layar/Playstore)

News18 Juni 2024, 16:07 WIB

Grand Theft Auto (GTA) betul-betul menjadi sajian sukses dari Rockstar Games lantaran sudah memperkuat selama puluhan tahun.

 Rockstar North via Wikipedia)

Reviews18 Juni 2024, 16:05 WIB

Sebagai developer game simulasi, CodeXplore tak hanya mengembangkan Ojol The Game.

 Tangkapan Layar/GooglePlay)

Guides18 Juni 2024, 13:50 WIB

Wuthering Waves, game action RPG nan sedang populer, bakal menambahkan karakter baru nan menarik, Jinhsi, dalam pembaruan jenis 1.1 pada 30 Juni 2024.

 Kuro Games)

News18 Juni 2024, 13:35 WIB

Dirilis tahun 2023 silam, Baldur's Gate 3 sukses mendapatkan begitu banyak penghargaan salah satunya The Game Award untuk Game Terbaik Tahun Ini.

 Steam)

Guides18 Juni 2024, 11:53 WIB

Pada pembaruan terbaru dari permainan terkenal Wuthering Waves, datang karakter baru nan sangat dinantikan oleh para pemain, ialah Changli.

 Kuro Games)

News18 Juni 2024, 11:49 WIB

Bagi pengguna iOS, tentunya sudah tidak asing lagi dengan game Fantasian Mistwalker nan dirilis tahun 2021.

 Mistwalker)

Guides18 Juni 2024, 11:07 WIB

Roamer mempunyai tugas krusial untuk menjaga dan mendukung tim sepanjang permainan,berikut beberapa tips nan bisa Anda lakukan.

 Honor of Kings)