Penyebab dan Cara Mengatasi Web Browser yang Lambat

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Indogamers.com - Bagi para pengguna internet pasti pernah mengalami perihal nan tidak mengenakan saat menjelajahi bumi internet menggunakan browser tertentu.

Hal ini seperti web browser nan tiba-tiba menjadi lambat alias lemot saat digunakan.

Padahal, web browser ini berkedudukan sangat krusial pada perangkat baik itu smartphone maupun PC.

Sebab, web browser berfaedah untuk menjelajahi bumi internet, seperti mengakses beragam situs, mengunduh berkas, dan tetap banyak lagi.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Ruang Penyimpanan Hampir Habis di HP Android

Nah, jika Anda juga menjadi salah satu pengguna web browser nan mengalami masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Massih ada langkah nan bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Seperti apa langkah mengatasi web browser nan lambat dan apa saja kira-kira penyebabnya?

Kamu bisa simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab web browser lambat

Web browser nan lambat bisa disebabkan oleh beragam macam hal, mulai dari masalah internal web browser, alias lantaran adanya virus.

Untuk lebih jelasnya lagi mengenai apa saja nan menyebabkan web browser menjadi lambat ini, bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini, seperti dikutip dari laman Surfshark.

1. Virus malware

Salah satu penyebab web browser menjadi lambat adalah virus malware.

Kasus ini sering kali terjadi dan tanpa disadari oleh para pengguna.

Virus ini bisa menggunakan sumber daya sistem sehingga peramban menjadi lambat, alias apalagi mengumpulkan info pribadi tanpa tanda-tanda nan jelas.

Untuk mencegah infeksi, pastikan perangkat lunak dan web browser selalu diperbarui, gunakan antivirus, dan hindari situs serta berkas dari sumber nan tidak terpercaya.

2. Terlalu banyak cache

Penyebab lain nan bisa membikin web browser menjadi lambat adalah terlalu banyak cache nan tersimpan di browser.

Cache nan terlalu banyak ini sangat berpengaruh pada akses browser nan Anda gunakan.

Membersihkan cache secara teratur dapat membantu mempercepat kembali perambanmu, sekaligus membikin pengalaman menjelajah lebih lancar.

Baca Juga: Daftar Browser Paling Banyak Digunakan Selama 2023, Siapa Penguasanya?

3. Terlalu banyak dalam membuka tab

Selain dua perihal di atas, penyebab lain nan membikin web browser menjadi lambat adalah browser digunakan untuk membuka tab terlalu banyak.

Setiap tab nan terbuka memerlukan sejumlah memori sistem untuk mempertahankan info dan konten nan ditampilkan di dalamnya.

Jika terlalu banyak tab terbuka pada saat nan sama, perihal ini dapat menghabiskan memori perangkat secara signifikan. Akibatnya, perangkat bisa menjadi lambat dan responsivitas perambanmu bisa menurun.

4. Web browser tetap dalam jenis lama

Web browser nan tetap dalam jenis lama alias belum di update, menjadi salah satu penyebab dimana web browser menjadi lambat.

Pembaruan web browser tidak hanya memperbaiki bug dan celah keamanan, tetapi juga meningkatkan keahlian dan kompatibilitas dengan teknologi terbaru.

5. Terlalu banyak extension

Seperti nan kita tahu, saat ini terdapat ribuan ekstensi pada browser nan berfaedah untuk mempermudah pekerjaan saat mengakses web browser.

Namun, jika terlalu banyak ekstensi  yang tersimpan dan aktif sekaligus, perihal ini bakal menyebabkan web browser menjadi lambat.

Setiap ekstensi menggunakan memori dan CPU perangkatmu, sehingga terlalu banyak bisa memperlambat respons perambanmu dalam memuat laman web alias apalagi menyebabkan kegagalan.

Sebaiknya, hanya pasang ekstensi nan betul-betul Anda perlukan dan matikan alias hapus nan tidak digunakan untuk menjaga keahlian browser.

Cara mengatasi web browser nan lambat

Setelah mengetahui apa saja nan membikin web browser menjadi lambat, Anda juga kudu tahu langkah untuk mengatasi web browser nan lambat dengan langkah-langkah berikut.

  • Tes kecepatan internet online untuk memeriksa apakah ada masalah dengan koneksi. Jika kecepatannya normal, kemungkinan tidak ada masalah dengan koneksi.

  • Matikan dan hidupkan kembali modem alias router. Tunggu beberapa menit setelah itu.

  • Pindahkan router ke tempat nan lebih baik, misalnya di ruangan nan sama dengan perangkat nan Anda gunakan.

  • Ganti gelombang WiFi pada router jika perlu, lantaran beberapa perangkat bekerja lebih baik pada gelombang tertentu. Ini melibatkan pengaturan pada router.

  • Hubungi penyedia jasa internet untuk support jika Anda berprasangka masalahnya lantaran pembatasan kecepatan alias masalah jaringan nan lebih luas.

  • Bersihkan cache nan tersimpan di web browser nan Anda gunakan.

Nah, itulah tadi penyebab dan langkah nan bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah web browser nan terlalu lambat.***

Gadget18 Juni 2024, 19:59 WIB

Galaxy Tab S9 FE datang dengan layar bening dan luas hingga 12,4 inci, didukung dengan prosesor Exynos 1380 berkinerja tinggi.

 Dok. Samsung Indonesia)

Reviews18 Juni 2024, 18:03 WIB

Wah, bisa jadi pemilik toko fashion sukses nih.

 Dok. Kiki Games)

Reviews18 Juni 2024, 17:01 WIB

CodeXplore sebagai developer game simulasi mungkin tak menyangka, salah satu game besutannya bisa mendapatkan atensi luar biasa dari gamers Tanah Air.

 Tangkapan layar/Playstore)

News18 Juni 2024, 16:07 WIB

Grand Theft Auto (GTA) betul-betul menjadi sajian sukses dari Rockstar Games lantaran sudah memperkuat selama puluhan tahun.

 Rockstar North via Wikipedia)

Reviews18 Juni 2024, 16:05 WIB

Sebagai developer game simulasi, CodeXplore tak hanya mengembangkan Ojol The Game.

 Tangkapan Layar/GooglePlay)

Guides18 Juni 2024, 13:50 WIB

Wuthering Waves, game action RPG nan sedang populer, bakal menambahkan karakter baru nan menarik, Jinhsi, dalam pembaruan jenis 1.1 pada 30 Juni 2024.

 Kuro Games)

News18 Juni 2024, 13:35 WIB

Dirilis tahun 2023 silam, Baldur's Gate 3 sukses mendapatkan begitu banyak penghargaan salah satunya The Game Award untuk Game Terbaik Tahun Ini.

 Steam)

Guides18 Juni 2024, 11:53 WIB

Pada pembaruan terbaru dari permainan terkenal Wuthering Waves, datang karakter baru nan sangat dinantikan oleh para pemain, ialah Changli.

 Kuro Games)

News18 Juni 2024, 11:49 WIB

Bagi pengguna iOS, tentunya sudah tidak asing lagi dengan game Fantasian Mistwalker nan dirilis tahun 2021.

 Mistwalker)

Guides18 Juni 2024, 11:07 WIB

Roamer mempunyai tugas krusial untuk menjaga dan mendukung tim sepanjang permainan,berikut beberapa tips nan bisa Anda lakukan.

 Honor of Kings)